BoyzForum! BoyzForum! - forum gay Indonesia www.boyzforum.com

Selamat Datang!

Belum jadi anggota? Untuk bergabung, klik saja salah satu tombol ini!

Jika ada pelanggaran Aturan Pakai, klik di "Laporkan" pada pesan tsb.



Pendaftaran member baru diterima lewat Facebook , Twitter, atau Google+!
Anggota yang baru mendaftar, mohon klik disini.

BINGUNG TENTANG MULAI KULIAH di TELKOM U(mahasiswa bantu jawab ya)

ALfajrALfajr ✭ Bronze
jadi gini, aku lulus tahun 2013. tapi karna aku gak punya biaya buat langsung kuliah jadi aku kerja dulu selama 3 tahun buat ngumpulin uangnya.

setelah aku cari informasi di google ternyata saya sudah tak bisa masuk PTN(pasti tau kan kenapa), masuk swasta juga harus jalur regular, padahal jalur raport pun nilai masuk kriteria di univ swasta manapun. niat saya kuliah itu untuk mencari ilmu, bukan untuk mencari kerja. kan kalo ilmunya udah mantep mah nyari kerjaan pasti gampang(sunda nya keluar :v) itu opini saya setelah kerja 3 tahun. dan karna niat saya ingin mencari ilmu, saya putuskan untuk mencari universitas swasta yang bagus, yang akreditasi A(aku jadi saya). singkat cerita saya sudah menemukan universitas bagus, diantaranya: UNIVERSITAS GUNADHARMA(DEPOK), UNIVERSITAS TELKOM(BANDUNG) dan UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA (JOGJA). saya milih 3 universitas itu karna ke 3 nya memiliki fakultas TEKNIK ELEKTRO yang sudah terakreditasi A, ada di pulau jawa. dan ada di google :v.

saya eliminasi gunadharma karna depok itu dekat kota, otomatis biaya hidup mahal. dan saya pun mengikuti test masuk ke universitas telkom. karna saya sudah kadaluarsa , jadi saya cuma bisa ikut jalur tes tulis saja. percaya atau tidak, pas tes tulis bagian matematika dan fisika, tak ada 1 soal pun yang saya kerjakan dengan otak, semua soal saya kerjakan dengan menghitung kancing. SEMUA SOAL. haha, lucu ya 3 kerja jadi lupa semua soal itung menghitung. tapi pas soal b indonesia dan english saya mikir semua walaupun gak tau bener atau tidaknya. dan setelah tes pun saya cuma pasrah saja karna matematika dan fisika itu, dalam pikiran saya cuma ada kata MUSTAHIL untuk keterima.

hari pengumuman tes pun tiba, ternyata saya diterima di UNIVERSITAS TELKOM. tapi dari sana juga kaget ternyata biaya nya yang lumayan mahal. intinya saya harus bayar biaya pendaftaran tetek bengek sebesar 21jt, uang semester awal 8 jt, dan uang asrama 1 tahun 4 jt. jadi total 33jt rupiah. WOW, itu juga ada batas waktunya, tanggal 9 maret ini harus bayar 9jt dulu, trs 23 maret nya harus bayar 25jt, dan april harus bayar 8 juta. jadi saya bingung dong, kok besar sekali sih. mungkin karna universitas bagus kali ya.

dan saya pun mulai bertanya kepada teman yang sedang menempuh atau sudah wisuda, ternyata mereka paling gede bayar 4 juta/semesternya, sedangkan saya 8jt/semester. jadi saya curiga kalo tes nya cuma formalitas semata. dan saya bertanya pada pihak universitas untuk meminta pengunduran waktu pembayaran karena tahun ajaran awal masih lama dan jika uang sudah di bayarkan tidk bisa di ambil kembali. tapi pihak universitas bilang sudah tidak bisa di undur lagi, kalo tidak bayar di anggap mengundurkan diri.(aduuhhh...duh duh), sebenarnya uangnya sudah ada klo untuk pembayaran saja. tapi karena waktu ke tahun ajaran baru itu lama banget, dan jika sudah bayar saya malah milih kerja lagi, 33 juta melayang. dan saya mulai mencari tahu kenapa teman saya yang di PTN itu uang kuliahnya murah, ternyata PTN itu menggunakan sistem UKT berkategori berdasarkan pendapatan orang tua, sedangkan UNIVERSITAS TELKOM TIDAK. padaha orang tua saya pendapatannya 0 rupiah perbulan, alias tidak bekerja. cuma bertani dan ternak kambing kecil kecilan.

di tabungan saya cuma ada 130jt saja, sedangkan berdasarkan perhitungan saya biaya kuliah sampai lulus+asrama 1 tahun itu 89jt, dan jika saya 3 tahun nya menyewa kontrakan yang 500rb/bln nya jadi totalnya adalah 107jt rupiah, itu belum termasuk uang makan dan biaya tak terduga lainnya. jadi kira kira saya cuma dapat jatah 15rb / hari untuk makan. aduh.. cukup nggak ya di bandung. kata pihak universitas sih kalo sudah masuk nanti bisa minta keringanan atau beasiswa ke bagian keuangannya, syukur aja kalo bisa. ini hasil perhitungan kasar saya yang tidak tahu tentang perkuliahan,


ternyata ribet banget pengen cari ilmu aja. buat kakak kakak mahasiswa tolong bantu masukannya, apakah biaya SEGITU itu wajar, atau bisa lebih murah lagi. kalo ada senior yang di universitas telkom juga mohon pencerahannya. kalo bisa minta kontak nya( email saya: [email protected], fb: fajar darmawan)

dan 1 pertanyaan lagi, di universitas "serius" itu wajar nggak sih ada mahasiswa baru yang udah "tua". kan rata rata pasti fresh lulusan terbaru yg masih 17 an umurnya, sedangkan saya udah 22.





Komentar

  • sunentaasunentaa ✭✭✭✭✭ Diamond
    tanteku, umur 40 tahun sekian, baru daftar kuliah lagi, setelah kuliahnya yang dulu tinggal KKN ditinggal nikah. dan sekarang udah jalan S3. kuliahnya di kampus swasta, sih. dan dosennya ya banyak kenalannya, banyak yang lebih muda dari tanteku.
    1c80e09c3db737b408d7fb2111bfc7.jpg
  • kreteks-jadulkreteks-jadul ✭✭ Silver
    masak sendiri lbh murah kak, lbh sehat lg.
  • sinjaisinjai ✭✭✭✭✭ Diamond
    5 tahun bisa nabung 100 juta itu luar biasa. diteruskan saja pekerjaan sekarang gak usah kuliah, kan yang penting ilmu nya bukan ijazahnya. tapi mungkin km tetep penasaran dengan rasanya kuliah. jadi realistis aja, kalau kuliah kemahalan ya cari yang sesuai dengan kemampuan. dan juga akreditasi itu bukan segalanya kok. ku yakin. intinya luar biasa sih, sebenarnya masih punya motivasi untuk kuliah. tapi ya itu tadi sih. lebih realistis. dan juga km bilang gak bisa ngerjain matematika. padahal ku yakin teknik itu butuh dasar matematika yang kuat. jadi... lebih realistis aja. I said it (again)
  • Gua anak gundar kebetulan jurusan yang sama juga rata-rata 11 jutaan per semester (termasuk cicilan gedung) jadi kayaknya swasta mah sama aja mahalnya.

    Bener kata om Sinjai teknik itu matematikanya dan fisikanya kuat. Tapi kalau mau sunguh² bisa kok pasti. Perihal umur, temen seangkatan gua ada yg berumur 24 lebih tua 4 tahun dari rata-rata angkatan. Kalau swasta mah umur nggak terlalu diperhatiin deh, yang kelas karyawan bahkan banyakan yang berumur > 25an.

    Kayaknya sih yang buat besar itu uang gedung di TelU yang nggak bisa di cicil deh. Jadi mungkin aja tahun kedua bisa lebih murah kalau ada keringanan. Tapi kalau keuangan nipis sebaiknya ditabung dulu aja.
  • LlybophiLlybophi ✭✭✭✭✭ Diamond
    bisa nabung segitu lumayan juga :T pasti tekun, jadi ya coba aja sih tak apa. Biasakan lagi aja belajar matematika sama fisika, di youtube banyak channel bagus bahas matematika sama fisika yang bagus, lumayan buat belajar. Asal bisa lulus tepat waktu kan? Manfaatkan juga beasiswa.

    Oh iya, jangan bosen sama kuliah, nanti kasusnya seperti temenku bosen terus akhirnya dia cari kerja full time lagi tapi kuliah tetep jalan jadinya keteteran.
    Berjuang agar lebih baik. Damai bumi dan langit
    Kepo - Elbem - My Good Stuff
  • ALfajrALfajr ✭ Bronze
    @sinjai @Llybophi bisa nabung segitu karna saya kerja bukan di indo, melainkan di jpn. Jadi klo mau nerusin kerja sama nyari kerjaan baru di indo itu agak susah...

    Kalo buat math sama fisika mah saya masih ke otakan kalau sistemnya belajar.

    Btw, terima kasih advice nya. Keinginan saya kuliah itu besar sekali aduhhh.. Nyari kerjaan baru bawaannya males, tau sendiri kan di indo kalo nyari kerja susah, ribet lagi.

    @Hizki_a mahal ya... Teknik elektro mas?

    Matematika dan fisika nya itu di awal awal aja atau sampe akhir ada, kalo hitungan soal kelistrikan sih pasti ada ya sampe akhir juga..?
  • Sampe akhir ya yang dipake matematika dan fisika. Kalau matkulnya sih paling 4 semester, tapi kebanyakan matkul kaya misalnya Teori Medan Elektromagnetik ya ngerjainnya berbasis fisika- mtk. Nggak jauh-jauh dari mtk sih, tapi santai aja gua juga nggak suka mtk kok dan kadang merasa desperate, tapi ya bisa juga ngejar materi hahaha. Kalau misalnya lupa atau nggak ngerti materi ya cari aja di YouTube, kalau misal dosen nerangin nggak jelas bisa belajar sendiri atau ke kosan temen buat belajar bareng, belajar beneran tapi hahaha
Sign In or Register to comment.