Selamat Datang!

Belum jadi anggota? Untuk bergabung, klik saja salah satu tombol ini!


Pendaftaran member baru diterima lewat Facebook , Twitter, atau Google+!
Anggota yang baru mendaftar, mohon klik disini.

adakah yang suka memelihara Hermit Crab / Kelomang ? atau ingin tau cara memelihara yang benar ?

Hi :) berhubung saya adalah pecinta kelomang / hermit crab saya ingin berbagi info tentang cara p…
edited March 2013 in BoyzRoom
Hi :)
berhubung saya adalah pecinta kelomang / hermit crab saya ingin berbagi info tentang cara pemeliharaan makhluk unik tersebut :)

http://boyzforum.com/utility/thumbnail/38127/~cf/FileUpload/25/d6673186265db8a973c68e483ad436.jpg

Apakah anda tahu Kelomang? kelomang itu hewan sejenis lobster / kepiting yang menggunakan cangkang (yang suka disebut rumah) sebagai tempat perlindungan terhadap abdomennya . Biasa dijual di depan sekolah SD dan suka disebut "Keong"
Biasa kelomang dibeli untuk mainan anak2 yang hanya dibiarkan hingga mati beberapa hari atau seminggu . oleh sebab itu kelomang di Indonesia jumlahnya tidak banyak lagi karena tidak ada nya info yang benar terhadap cara pemeliharaannya .

paling pertama, kelomang kita taruh dimana ya?
- kita harus menyiapkan kandang berupa aquarium atau wadah yang luas dan tinggi (kandang tersebut disebut Crabitat). alas kita beri substrate berupa pasir (pasir pantai, pasir halus, tanah humus dan jangan yang butirannya besar ) yang dalamnya sekitar 3 kali besar kelomang anda.
mereka butuh alas / substrate untuk mengubur diri saat siang hari atau mereka ingin ganti kulit /molting.
contoh crabitat :
http://boyzforum.com/utility/thumbnail/38128/~cf/FileUpload/e3/d6658f07ffa16e336abccee678adec.jpg

apa saja yang dibutuhkan di dalam Crabitat ?
1. substrate - sudah dijelaskan di atas, pasir bisa dicuci, dibilas setiap 1 bulan sekali hingga bersih + dipanggang atau dijemur sebelum digunakan.

2. dua wadah tempat air (air tawar dan air asin) - akan dijelaskan dibawah
3. aksesoris memanjat ( pohon,daun plastik, ranting, aksesoris akuarium , batu,jaring)- kelomang suka memanjat.
http://boyzforum.com/utility/thumbnail/38133/~cf/FileUpload/63/5db519eb19abc9c5e8107808a86178.jpg

4. tempat bersembunyi (berupa gua batu , rumah mainan atau batok kelapa) - kelomang butuh tempat bersembunyi untuk tidur dan molting.
http://boyzforum.com/utility/thumbnail/38132/~cf/FileUpload/c5/0af258b5b46999ec598a3b07dd3b26.jpg

5. tempat makan
6. cangkang kosong yang banyak - kelomang suka sekali ganti baju apalagi jika ia baru saja selesai molting . maka dari itu anda harus menyiapkan cangkang kosong dengan skala 3 shell : 1kelomang dengan bentuk yang berbeda2.
http://boyzforum.com/utility/thumbnail/38129/~cf/FileUpload/c2/efe4fa77edba809694de76cb33d4a5.jpg

kenapa Kelomang butuh 2 jenis air ?
-kelomang berasal dari pantai, yang notabene terdapat air laut (air asin) dan itu sangat dibutuhkan kelomang untuk meningkatkan presentasi keberhasilan molting.
- kedua wadah air (air asin dan tawar) harus sedalam kelomang anda agar bisa berendam . dan beri karang ataupun batu didalamnya agar kelomang bisa keluar dari wadah air dan tidak mati tenggelam.

http://boyzforum.com/utility/thumbnail/38131/~cf/FileUpload/ac/11bb657294fe2e0eea1076d2c3a326.jpg

Air asin? apakah bisa menggunakan garam dapur?
- jangan sekali2 menggunakan garam dapur untuk dijadikan air asin bagi kelomang karena sodium dan bahan2 yang tidak natural lainnya bisa membunuh kelomang. GUNAKANLAh garam ikan (beli di toko ikan 3.000rupiah dapat banyak) ataupun garam laut pure dari pantai.

kenapa perlu tempat memanjat dan tempat bersembunyi?
- Kelomang suka memanjat dan itu jadi rutinitas hariannya di alam (memanjat pohon, batu, semak2) maka dari itu Crabitat harus disediakan tempat memanjat seperti Pohon plastik, daun
plastik, ranting pohon, batu aquarium , kayu bakau ,dll. JANGAN LUPA TUTUP BAGIAN ATAS CRABITAT karena kelomang mudah kabur.
http://boyzforum.com/utility/thumbnail/38130/~cf/FileUpload/ed/dd82e07049db0b0cbe7e865c536399.jpg


DAN YANG TERAKHIR adalah .. apa makanan mereka?
- Kelomang adalah omnivora , mereka makan apa saja (sisa makanan manusian, makanan ikan, daging, cacing kering, sayur daan buah ). Beri makan kelomang sehari sekali setiap malam jam 7 - 9 dan keesokan paginya cepat dibuang bila masih ada sisa agar tidak menimbulkan bau ataupun lalat.

Lanjutan penjelasan di post selanjutnya (post pertamax)
masih bingung? silahkan bertanya :)

oh iya cara nongolin gambar gimana ya?
IMG00804-20120322-1750.jpg
59K
images.jpg
259 x 194 - 10K
IMG00549-20120226-1144.jpg
1024 x 768 - 78K
Crabitat.jpg
616 x 395 - 59K
images (1).jpg
275 x 183 - 11K
P1230712.JPG
800 x 600 - 515K
images (2).jpg
194 x 259 - 14K
«13456710

Komentar

  • edited March 2013
    Berapa Lama umur kelomang :
    -kelomang yang dipelihara dengan baik bisa berumur 20 tahun atau lebih , berukuran lebih besar dari pada bola kasti.

    Apa itu ganti kulit / molting?
    - seperti namanya sendiri "ganti kulit", adalah proses dimana kelomang yang sedang bertumbuh lebih besar melepaskan kulit kerasnya agar bisabertumnuh lebih besar lagi. Bagian kaki ataupun Capit (pincher) yang lepas akan tumbuh kembali saat proses molting. Mereka akan menguburkan diri selama beberapa hari, minggu bahkan bulan(tergantung ukuran) hingga kulit mereka keras lagi dan siap nongol kembali di permukaan.

    kapan proses molting terjadi?
    -tergantung umur dan ukuran kelomang tersebut. kelomang yang masih kecil akan sering ganti kulit (2 minggu sekali, 1 bulan sekali) dan yang sudah besar tentunya jarang (3bulan - 1tahun sekali) lebih besar ukuran kelomang tersebut lebih jarang mereka ganti kulit.

    berapa lama mereka menguburkan diri dalam pasir?
    -tergantung juga sama ukuran mereka , semakin kecil ukuran mereka, semakin cepat mereka molting.

    apa yang perlu dilakukan agar kelomang selamat dalam proses molting?
    - molting adalah kondisi paling rentan kelomang , maka kelomang yang tidak mendapat kebutuhan cukup bisa gagal molting dan mati. sebelum molting kelomang akan mengumpulkan cadangan makanan dan air (asin dan tawar) , maka dari itu makanan dan 2 jenis air harus selalu tersedia. jika mereka sudah siap ,mereka akan menggali dan menguburkan diri mereka dalam pasir maka, kedalaman pasir harus 3 kalinya ukuran kelomang. jangan ganggu ataupun mengorek2 pasir jika sedang ada yang molting. mereka akan melakukan molting di dalam pasir dan memakan kulitnya sendiri untuk tambahan kalsium untuk mengeraskan kulitnya yang baru. jika sudah mengeras ia akan kembali ke permukaan dan warnanya akan lebih muda (dari merah menjadi pink).

    jenis2 kelomang : besok saya masukin
  • If they are herbivores, how come they eat daging, cacing?
  • ron89ron89 ✭✭✭✭ Platinum
    mungkin maksudnya omnivora
    l'exploitation de l'home par i'homme.” - Soekarno
  • User ini dan semua pesannya telah dihapus oleh Moderator.
  • @rasmussen2000 oops sorry ,, karena kemarin buat thread malam2 jadi agak nggak mudeng hahaaa udah ane edit :) :-bd

    yap Kelomang itu omnivora.
  • tinea_incognitotinea_incognito ✭✭ Silver
    dulu sering beli umang2 di sekolah/pasar, pernah juga beli satu set aneka macem, dan selalu berakhir maut, sampe sekarang selalu sedih kalo inget betapa gw dulu membuang2 sda macem umang2 dan anak ayam...

    sekarang nemu umang2 cuman di pameran flona, mahal2 pula...

    gw pernah liat dulu video umang2 rumahnya pake tutup botol or apa gitu gw lupa, saking sukanya ganti rumah, trus yang pelihara gak ngasih cadangan rumah
  • AmbiguAmbigu ✭✭✭✭ Platinum
    Satu hal yg buat gw penasaran dari dulu... Itu cangkang nya asalnya darimana si pertamanya..?? Sapa yg buat ya..?

    Kalo si keong yg buat sendiri tp kenapa mereka bisa sampe berantem buat nyuri cangkang lain..?

    Maap kalo pertanyaannya aneh...Hehehe
    Watch ... & Learn ...
  • @ambigu kelomang menetas dari telur masih dalam bentuk larva dan berkembang ke tahap hingga ia siap pergi ke darat, nah ia akan mencari cangkang siput laut yang sudah mati. mereka tidak bisa membuat cangkang mereka sendiri sehingga harus disediakan. cangkang hanya dibuat oleh jenis siput , siput laut, keong, dan kerang.
  • AmbiguAmbigu ✭✭✭✭ Platinum
    @secret_albert

    hoo gitu... Tau cara terjadinya pembuatan cangkang g..?hehe

    bikinnya gmn gitu...apa dari lahir uda ada..terus lama2 membesar sendiri..?

    N itu keong emg larvanya bentuknya beda ya..metamorphosis sempurna gitu ..? Tdnya cuma bisa bernapas di air..?
    Watch ... & Learn ...
  • jonaldojonaldo ✭✭ Silver
    dulu waktu sd gue suka beli ni kelomang dan parahnya gue suka nyantelin nih kelomang di.telinga anak anak cewe sampe mereka nangis
    ckikikik =)) =))
  • @ambigu : siput laut ataupun siput darat sejak menetas sudah mendapat cangkang dan ikut berkembang seiring pertgumbuhannya. Kelomang tidak
    saat menetas dari telur ia masih menjadi larvae berbentuk udang yang hanya bisa bernafas dalam air. dan melalui beberapa tahap dia akhirnya menjadi kelomang kecil yang mencari cangkang bekas siput mati dan pergi ke darat.
  • AmbiguAmbigu ✭✭✭✭ Platinum
    @secret_albert

    hooo menarik...hehe

    terus cara mengembang biakkannya gimana tuh..? Cara ngebedain cowok n cewek ..?

    Btw keong tuh jenisnya ada yg beda ya.?? Kalo yg dijual abang2 kan warnanya gitu doang... Tp kalo yg biasa di toko2 gitu warnanya ada yg lebih menarik..terus gede2 bgt pula..?
    Watch ... & Learn ...
  • @ambigu ngembak biakin kelomang nggak bisa di luar dari alamnya (laut) , jadi bila dipelihara tidak akan berkembang biak / tidak akan berhasil. bedain cowok cewek? ada caranya hahaaa di internet banyak kok , cuman kalo saya yang jelasin susah haha.

    Kelomang (bukan keong) memang banyak jenisnya (y)

    bedanya keong dan kelomang adalah , keong adalah keluarga Mollusca yang tidak berkaki, berlendir dan berjalan menggunakan perut , tetapi kelomang merupakan crustacea yang memiliki kaki dan capit.
  • AmbiguAmbigu ✭✭✭✭ Platinum
    @secret_albert

    yahh g bisa ya... :(

    hmm w bayangin bedain cewek cowoknya harus dicabut dulu dari cangkangnya...hahaha

    w geli kalo ngeliat perutnya tanpa cangkang...hiiii lembek2 gitu ... Hihiihi


    kalo di daerah w..... Pada blngnya tuh keong lho ... Hehe

    eh iya kalo yg kyk kelomang gitu tp gede bgt tuh..yg bisa manjat pohon kelapa...itu apaan tuh ya...
    Watch ... & Learn ...
  • @ambigu bisa dan nggak perlu dikeluarin dari cangkang hahaaa, tapi agak susah karena kelomang banyak gerak + keluar masuk terus kerjanya hahah... iya anak SD sama orang yang nggak punya pengetahuan tentang ini pasti sebutnya "keong".

    kalo yang bisa gede itu Ketam kenari , "birgus Lastro" dia pas masih kecil kayak kelomang pakai cangkang tapi udah agak gede dikit perutnya udah mengeras jadi nggak perlu pakai cangkang lagi.
«13456710
Sign In or Register to comment.
Jika ada pelanggaran Aturan Pakai, klik di "Laporkan" pada pesan tsb.